• Selamat datang

Kredit macet? No problem lagi deh

Istilah kredit macet tentu sudah sering terdengar bagi para kreditor serta peminjam uang atau biasa dikenal dengan customer. Biasanya kredit macet ini disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut, yaitu:

  • Unsur kesengajaan
    Biasanya dilakukan oleh customer peminjam uang nakal yang tidak mau memenuhi kewajibannya dan melalaikan angsuran pinjaman yang harus dibayar
  • Lemahnya peraturan
    Peraturan maupun kebijakan yang lemah dari kreditor (pemberi kredit) bisa juga menjadi pemicu terjadinya kredit macet. Contohnya yaitu ketentuan yang sangat tidak jelas dalam hal pemberian kredit.

Kredit macet jaman sekarang

Kredit macet tentunya akan berakibat kepada customer maupun kreditor, yang biasanya dalam hal ini adalah BANK. Tentunya, kreditor akan menjadi lebih selektif dalam pemberian kredit, dan customer akan lebih susah dalam mendapatkan pinjaman. Namun, yang paling dirugikan dari peristiwa kredit macet adalah kreditor karena tentu saja mengalami kerugian yang tidak sedikit. Di mana mau mendapatkan untung, malah buntung yang didapatkan, ini tentu menjadi hal yang tidak menyenangkan dan tidak simbiosis mutualisme.

Pendekatan sapu jagat dalam hal atau peristiwa kredit macet

Dalam setiap pengurusan kredit macet harus mementingkan pendekatan sapu jagat, yaitu going concern untuk kreditor dan perusahaannya yang diabaikan. Di mana kredit macet terjadi karena ulah dari oknum, jadi bukan berarti kreditor maupun perusahaannya harus ditutup. Kreditor yang tercemar nama baiknya bisa menimbulkan efek domino seperti terjadi krisis kepercayaan pada industri perbankan. Seringkali efek domino, pengalaman negatifnya yaitu melalui pencairan dana serta melarikannya ke luar negeri, itulah yang ditakutkan.

Turunnya kemampuan membayar dari debitur atau peminjam uang

Ini merupakan momok yang menakutkan dari kreditur. Jika debitur kehilangan kemampuan untuk mencicil pinjaman beserta bunganya yang tentu saja akan berujung kepada kredit macet. Beberapa penyebabnya yaitu:

  1. Kejadian tak terduga
  2. Bertambahnya jumlah pinjaman
  3. Debitur berganti pekerjaan atau mengalami pemecatan

Ketiga hal di atas bukan merupakan keinginan debitur (penerima pinjaman), namun ketiga hal tersebut dapat menyebabkan kemampuan membayar dari debitur terpengaruh, sehingga ujung-ujungnya bisa menjadi kredit macet.

Solusi

Namun sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada team professional yang siap menjadi penengah antara kreditor dan debitor. Di kreditaja.com anda bisa mencari informasi kreditor terpercaya, dan tentunya sebagai debitor, juga diharuskan memenuhi syarat tertentu, sehingga akan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Inilah solusi dari kredit macet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar