• Selamat datang

Mengenal Gejala Anemia Dan Cara Mencegahnya

Gejala anemia adalah sebuah penyakit yang disebabkan tubuh kekurangan zat besi. Penyakit ini sering disebut juga sebagai penyakit kurang darah. Penderita anemia akan mengalami kekurangan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemobglobin ini sangat penting untuk mensupply oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Penderita anemia akan mengalami gejala pada tubuh seperti berikut.

gejala anemia

Wajah dan mata tampak pucat 
Kelopak mata bagian bawah penderita gejala anemia akan terlihat lebih pucat, serta wajah yang kurang bercahaya.

Kelelahan
Perasaan lelah yang berlarut-larut hinga satu bulan lebih merupakan tanda-tanda anda terkena anemia. Turunnya supply energi dan oksigen menyebabkan tingkat sel darah merah menjadi tidak normal. Hal ini yang memicu perasaan lelah.

Perasaan Mual 
Timbulnya rasa mual saat bangun tidur. Gejala morning sickness atau mual yang dirasakan penderita anemia hampir mirip dengan mual yang diderita oleh wanita hamil.


Sakit Kepala 
Penderita anemia kerap mengeluhkan rasa sakit kepala yang berkepanjangan. Sakit kepala ini ditimbulkan karena otak kekurangan oksigen akibat terganggunya proses supply oksigen oleh sel darah merah.

Sesak Nafas.
Rendahnya hemoglobin dalam sel darah merah menyebabkan turunnya tingkat oksigen yang dibutuhkan tubuh. Penderita yang mengalami anemia akan merasakan sesak nafas pada setiap aktifitasnya

Denyut jantung tidak teratur
Jantung pada penderita anemia akan berdetak lebih kencang diakibatkan tubuh kekurangan oksigen

Sistem kekebalan tubuh menurun 
Seiring dengan turunnya supply energy dan oksigen dalam tubuh, maka otomatis akan menurunkan kemampuan tubuh untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Gejala anemia ini seringkali disebabkan oleh banyak hal, Stress merupakan faktor terbesar pemicu terjadinya anemia. Namun dalam beberapa kasus, anemia dapat disebabkan karena faktor keturunan. Kurangnya vitamin dan zat besi adalah faktor utama penyebab terjadinya penyakit anemia. Untuk mencegah dan menghindari penyakit anemia, perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi  dan vitamin B-12 seperti daging, kacang, sayuran hijau dan buah yang sudah dikeringkan.

Vitamin C juga sangat penting untu membantu penyerapan zat besi pada tubuh. Selain itu makanan yang mengandung zat senyawa seperti folat yang terdapat pada buah pisang, sereal dan pasta, terbukti dapat membantu sesorang menghindari terkena gejala anemia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar