• Selamat datang

Waspadai Radang Amandel Pada Anak

Penyakit amandel kerap menyerang anak-anak hingga remaja. Anak yang terkena gejala dan serangan radang amandel memilliki resiko turunnya tingkat ketahanan tubuhnya. 

Adapun gejala dan tanda-tanda anak anda terserang radang amandel sebagai berikut.

1. Turunnya ketahanan tubuh membuat gairah anak menjadi menurun pula dan membuat anak menjadi tampak lesu.

2. Anak akan menjadi sulit makan akibat rasa sakit ketika menelan makanan atau minuman. Pada anak usia balita gangguan amandel akan membuat anak menjadi sering menangis dan tidak mau makan

3. Radang pada organ amandel membuat anak lebih sering mengantuk dan sulit untuk berkonsentrasi

4. Gejala radang pada organ amandel di tingkat tertentu, anak akan mengalami demam. Secara medis demam merupakan aktifitas sel-sel imun melawan infeksi yang terjadi pada tubuh.


5. Pada beberapa kasus anak akan mengalami gangguan saluran pernapasan di iringi dengan batuk, suara serak dan suara menjadi hilang. Orang tua harus waspada saat gejala ini timbul, terkadang orang tua menganggap gejala seperti ini hanya terkena influenza biasa. Sebaiknya segera periksa ke layanan kesehatan untuk memastikan terjadi radang pada organ amandel.

6. Terdapat nyeri pada bagian muka dan leher yang di iringi dengan sakit kepala

7. Radang amandel yang sudah membesar akan menghambat jalan udara pada nafas anak, Hal ini menyebabkan anak akan mendengkur di saat tidur

8. Amandel yang terkena radang akan terlihat berwarna merah, yang diikuti oleh bercak putih disekitar permukaan tonsil. Hal ini dapat di lihat pada pemeriksaan fisik amandel.

Perawatan pertama pada penyakit amandel sebaiknya anak diberikan banyak asupan cairan seperti jus sari buah atau air putih. Sebaiknya anak tidak diberikan makanan yang mengandung minyak, makanan manis, dan minuman dingin. Kompres leher anak anda menggunakan lap kompres air hangat setiap hari untuk membantu meredakan panas dan radang pada tenggorokan.

Pada kondisi Radang amandel yang sudah kronis, dimana amandel akan membesar dan terlihat berwarna merah, sebaiknya segera di bawa ke dokter untuk di tindak lanjuti dan diberikan antibiotik. Hal ini untuk menghindari terjadinya komplikasi pada bagian syaraf telinga yang diakibatkan rasa nyeri dan sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar