• Selamat datang

Gejala Penyakit Asma Dan Cara Pencegahannya

Gejala Penyakit Asma - Penyakit asma yang memiliki arti sulit bernafas merupakan penyakit kronis menahun yang menyerang bagian saluran pernafasan pada paru-paru sehingga menyebabkan penyempitan saluran nafas akibat peradangan pada rongga bronchiale.

Gejala penyakit asma biasanya ditandai dengan batuk dan suara nafas yang mengeluarkan bunyi. Bunyi ini disebabkan karena tersumbatnya aliran oksigen ke paru-paru.

Hingga saat ini penyebab penyakit asma ini belum dapat diketahui secara benar oleh para pakar kesehatan. Para ahli kesehatan hanya dapat merumuskan bahwasanya saluran pernafasan penderita asma memiliki tingkat sensitif sangat tinggi terhadap berbagai rangsangan, seperti debu, serbuk sari, udara dingin, serbuk kayu, makanan, hewan berbulu, aroma menyengat, tekanan jiwa.

gejala penyakit asma

Secara umum penyakit asma adalah jenis penyakit yang mengganggu saluran pernapasan dikarenakan adanya penyempitan pada jalur pernapasan. Penyakit ini biasanya bersifat sementara dan terkadang bisa sembuh tanpa pengobatan.

Penyakit asma timbul biasanya di awali dengan infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA yang disebabkan oleh flu atau sinistis.

Gejala Penyakit Asma
  1. Adanya bunyi pada pernafasan, bunyi ini biasanya disebut bengek atau mengi
  2. Sering sesak nafas akibat saluran bronchiale menyempit
  3. Batuk sering terjadi di malam hari dan cuaca dingin
  4. Dada terasa sempit
  5. Pada kasus tertentu dimana serangan asma yang hebat dapat membuat penderita sulit bernafas dan tidak bisa bicara.
Pencegahan

Penderita asma harus memiliki lingkungan yang bersih. Segala benda yang diperkirakan akan memicu asma bereaksi sebaiknya di jauhkan. Kamar penderita asma sebaiknya memiliki cahaya terang dan tidak lembab. Menjaga kondisi tubuh agar selalu dalam keadaan bugar dan siap menghadapi perubahan cuaca dapat menghindari terjadinya serangan asma. Kondisi tubuh yang sehat dan bugar pada penderita asma bisa didapat dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dan menghindari makanan yang mengandung pengawet, zat pewarna, gula buatan, dan beberapa makanan lain yang memicu terjadinya serangan asma.

Pengobatan


Pada dasarnya penyakit asma belum diketahui cara pengobatan yang dapat mengobati penyakit asma secara tuntas. Saat ini para dokter hanya mampu menyembuhkan serangan asma yang terjadi dan membuat pernafasan pasien menjadi longgar kembali. Pengobatan asma yang paling di anjurkan adalah mencegah terjadinya gejala penyakit asma menyerang dan berusaha memperbaiki fungsi paru-paru secara maksimal, salah satunya dengan cara berolahraga ringan secara teratur dan menjaga pola makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar