• Selamat datang

Gejala Penyakit Asma Dan Resep Pengobatan

Gejala Penyakit Asma - Semua orang pasti mengetahui penyakit yang satu ini. Ya, penyakit asma cukup populer dikalangan masyarakat, dalam artian banyak masyarakat yang mengetahui bahkan mengidap penyakit ini. Secara pengertian asma adalah penyakit dimana keadaan saluran pernafasan mengalami penyempitan sementara karena aktivitas berlebih terhadap suatu rangsangan tertentu yang menyebabkan peradangan pada saluran pernafasan.

Gejala penyakit asma pada dasarnya tidak dapat disembuhkan, namun kita bisa mengkontrol gejalanya untuk menghindari pemicu asma dan melacak gejalanya pada penderita. Penderita memerlukan kontrol secara medis dalam jangka panjang untuk mencegah penyakit asma menjadi semakin parah dan untuk mendapatkan pengobatan darurat. Asma dapat datang secara tiba-tiba tanpa kita dapat menduganya, tentunya dapat menghambat pekerjaan/aktivitas anda, untuk itu diperlukan konsultasi ke dokter untuk mengontrol asma dan untuk mendapat perawatan yang dibutuhkan penderita.
gejala penyakit asma

Penyakit asma datang bukan tanpa sebab. Penderita asma mengalami penyempitan saluran pernapasan yang disebabkan berbagai rangsangan, contohnya debu, serbuk sari, bulu binatang tertentu, asap, olahraga berat, serta udara dingin. Stress dan kecemasan berlebih juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit asma.

Penyakit asma memiliki gejala-gejala tertentu yang akan timbul pada penderita, baik ringan maupun parah, dan bervariasi pada setiap pengidap penyakit asma. Beberapa gejala penyakit asma dapat diketahui sebagai berikut:
  • Napas yang pendek
  • Sulit tidur karena nafas yang sesak dan pendek, serta batuk.
  • Suara sengau saat bernafas.
  • Batuk dan suara sengau saat bernafas akan semakin memburuk jika penderita penyakit asma terserang penyakit flu atau pilek.

Dan bila asma semakin parah atau kronis, akan menimbulkan gejala yang lebih parah seperti berikut:
  • Aliran nafas akan diukur secara rutin oleh alat yang bernama peak flow, dan apabila rata-rata maksimum aliran nafas yang diukur turun atau tidak seperti biasanya maka sudah dipastikan penyakit asma anda sudah berada pada tingkat kronis.
  • Penggunaan inhaler bronchodilator (alat yang dapat membuka jalan untuk bernafas dengan mengistirahatkan otot-otot pada saluran pernafasan) yang meningkat.
  • Gejala yang timbul seperti dijelaskan sebelumnya akan semakin parah.

Segera konsultasi kepada dokter serta mengambil langkah lain seperti minum obat-obatan yang sudah di anjurkan dokter atau obat tradisional yang bisa merawat gejala asma agar tidak semakin parah. Dan apabila keadaan asma tetap memburuk segera lakukan perawatan unit darurat. Dokter akan memberitahu dan mengajarkan anda tentang gejala-gejala yang timbul pada penyakit asma dan kapan disaat kita memerlukan bantuan.

Dalam pengobatan penyakit asma, gejala-gejala yang timbul pada penderita bisa diobati dengan obat tradisional maupun dari resep dokter. Beberapa obat tradisional untuk meringankan gejala penyakit asma adalah sebagai berikut:

Sari bunga kenanga

Sediakan 30 gram bunga kenanga, 2 sendok teh gula pasir, dan 200 cc air. Pertama rebus bunga kenanga dengan 200cc air sampai  tersisa 100cc. Lalu tambahkan gula pasir dan aduk sampai benar-benar rata, kemudian saring, ambil airnya dan minum  satu kali sehari secara rutin.

Sari bunga matahari

Sediakan 1 kuntum bunga matahari, gula batu, dan 500cc air. Pertama ambil bagian tengah dari bunga matahari, kemudian rebus bersama gula batu dan 500cc air sampai tersisa setengahnya. Lalu saring dan minum airnya.

1 komentar:

belajar bisnis Afiliasi mengatakan...

Menurut kata orang tua dahulu sakit asma konon dapat di cegah dengan menghindari anak-anak dari kelelahan dari aktifitas berlebih, hewan berbulu seperti kucing, unggas, kemudian kebersihan lingkungan sekitar harus tetap terjaga. Terima kasih atas artikelnya,sobat.

Posting Komentar