• Selamat datang

Gejala usus buntu dan pencegahannya

Gejala Usus buntu adalah penyakit yang terjadi pada organ tubuh yang bernama usus buntu, dimana peradangan hebat pada usus buntuk mengakibatkan terjadinya pembengkakan dan mengeluarkan nanah. Gejala ini jika dibiarkan akan menimbulkan resiko lapisan usus buntu menjadi pecah dan berakibat fatal bagi penderita usus buntu.

Usus buntu sendiri adalah usus kecil yang berada pada ujung usus besar dan memiliki bentuk seperti jari dengan ukuran 10 cm dengan letak di bawah perut. Fungsi dari usus buntu  ini sangat penting bagi organ tubuh lainnya. Pertahanan tubuh terhadap bahaya bakteri yang berisi kelenjar limfoid sebagian besar di lakukan oleh usus buntu.
Gejala Usus Buntu

Penyebab dan pencegahan gejala usus buntu

Masuknya benda kecil dan keras sehingga tidak dapat diolah sempurna oleh usus kemudian masuk kedalam usus buntu sehingga tidak dapat keluar dapat menimbulkan radang pada usus buntu. Adapu cara mencegah penyakit ini adalah memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan sehingga proses pencernaan makanan dalam tubuh menjadi baik dapat membantu menurunkan resiko terkena gejala penyakit usus buntu.

Adapun Tanda-tanda Gejala Usus Buntu


  • Kehilangan nafsu makan yang di iringi dengan gejala perut kembung dan perasaan mual hingga muntah.
  • Terjadinya sensasi rasa sakit pada bagian perut tepatnya di bagian pusar yang menjalar hingga kesebelah kanan bawah. Rasa sakit ini akan terus memburuk jika tidak segera ditangani dengan benar.
  • Jika penderita menekan dan menekuk kaki kebagian perut akan timbul rasa sakit di bagian perut.
  • Pada fase tertentu penderita penyakit gejala usus buntu akan mengalami demam dan menggigil.
  • Perut Akan membengkak pada penderita penyakit buntu yang kronis.
  • Sering mengalami kram pada perut
  • Timbul gangguan pada perut seperti sembelit dan diare

Pada fase paling parah atau kronis, penyakit usus buntu akan mengakibatkan komplikasi pada organ tubuh lainnya. Pecahnya lapisan usus buntu mengakibatkan tersebarnya kuman kedalam usus hingga menyebar kebagian perut lainnya dan menimbulkan resiko kematian pada penderita usus buntu. Wanita yang terkena usus buntu beresiko indung telur dalam rahim wanita terkena infeksi dan menyebabkan kemandulan

Tidak ada pengobatan yang terbaik jika penyakit usus buntu sudah masuk kedalam tingkatan berbahaya, selain melakukan operasi dan membuang usus buntu yang sudah rusak. Hal yang paling dianjurkan adalah mencegah gejala usus buntu sedini mungkin dengan menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang sulit dicerna oleh usus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar