• Selamat datang

Mengenal Penyebab Mata Panda

Penyebab Mata Panda - Setiap orang pasti kesal jika menemukan lingkarang hitam pada bagian bawah matanya. Ya, kebanyakan orang menyebut jenis penyakit ini adalah "Mata Panda". Mata panda ini tentunya dapat mengganggu penampilan dan membuat wajah anda terlihat lebih suram. 

Kebanyakan orang yang mendapat kantung mata terutama wanita memilih untuk membeli penyamar kantung mata, namun hal itu malah membuat pernafasan kulit menjadi terganggu. Kantung mata yang timbul di bagian bawah mata ini biasanya didapat karena kurangnya porsi tidur atau kelelahan berlebih dan kurang mengistirahatkan mata.
Penyebab Mata Panda

Berikut beberapa faktor penyebab mata panda

Kurang Tidur
Ini adalah alasan umum seseorang mendapatkan kantung mata pada bagian bawah mata. Jadi dianjurkan bagi anda untuk tidur 7-8 jam per hari untuk menghindari timbulnya mata panda.

Dehidrasi
Kurangnya asupan cairan pada tubuh juga berpengaruh pada lingkaran hitam di bagian bawah mata. Hal itu akan membuat sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan dengan semestinya yang berpengaruh pada pembuluh darah bagian bawah mata.

Make-up
Terlalu banyak berias dan lupa atau sengaja tidak membersihkan riasan pada mata ternyata dapat mengiritasi mata yang menyebabkan cairan berkumpul dan menyebabkan mata menjadi bengkak. Kulit yang sensitif dan rentan terhadap alergi juga menjadi penyebab mata panda pada bagian bawah mata.

Terlalu banyak terpapar sinar matahari
Terlalu lama wajah terpapar sinar matahari juga dapat membuat mata terlihat mempunyai kantung hitam. Itu terjadi karena tubuh mendapat respon dari paparan sinar matahari dan membuat lebih banyak melanin sehingga terjadi penggelapan di daerah bawah mata.

Penyakit
Jika anda mengidap anemia dan gangguan pada ginjal, ternyata dapat menyebabkan kantung mata. Jadi bersegeralah untuk konsultasi dengan dokter untuk memilih jenis obat apa yang cocok, sehingga kantung mata dapat dikurangi dan penyakit anda dapat sembuh.

Diet yang salah
Kurangnya mineral seperti zat besi ternyata dapat mengurangi pasokan oksigen yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat membuat mata kita terlihat bengkak.

Alkohol
Alkohol ternyata dapat menyebabkan kulit disekitar mata terlihat seperti mempunyai kantung karena alkohol menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

Merokok
Merokok(aktif maupun pasif) dapat membuat kolagen yang ada dibawah mata menjadi lemah, dan menyebabkan kerutan dan kenduran dini pada kulit bagian bawah mata.

Penuaan
Pertambahan usia juga membuat mata terlihat memiliki kantung karena kulit kehilangan kolagen yang membuatnya menjadi tipis dan lemah. Untuk menghindari penyebab mata panda pada usia tua, sebaiknya rajin mengkonsumsi vitamin dan gizi pada tubuh dimulai sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar