• Selamat datang

Menurunkan Kolesterol Dengan Makanan Sehat

Banyak orang menganggap kolestrol sebagai zat yang jahat. Kolestrol adalah lemak yang penting untuk membuat hormon dan aktivitas membran sel. Kolestrol sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu low-density liproteint (LDL) dan high-density liproteint (HDL). Kolesterol LDL dapat mengakibatkan penyakit jantung dan lainnya. Sedangkan HDL menurunkan kadar LDL yang berlebihan.

Beberapa cara dipercaya dapat menurunkan kolesterol serta mencegah peningkatan kolesterol dalam tubuh seperti diet sehat. Metode diet yang benar dan mengikuti aturan pola makan yang bergizi terbukti ampuh dalam menurunkan tingkat kolesterol. 

menurunkan kolesterol

Berikut jenis makanan yang biasa digunakan untuk diet sekaligus membantu menurunkan kolesterol

Tomat

Tomat memiliki kandungan senyawa likopen yang memiliki manfaat perlindungan alami dalam mencegah dampak terjadinya peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Minumlah tomat yang dijus dua gelas sehari untuk menurunkan kadar kolestrol jahat secara signifikan.

Bawang Putih

Bawang putih dapat mengurangi kolestrol jahat dan menjaga kolestrol baik pada tubuh anda. Banyak pengujian yang telah melihat manfaat bawang putih dalam mengobati jantung dengan menurunkan kolesterol LDL. ADA (American Dietetic Association) menyarankan untuk mengonsumsi bawang putih sekitar 1 siung per hari.

Ikan Salmon

Ikan salmon yang kaya akan kandungan omega 3 dapat berfungsi untuk meningkatkan produksi kolestrol baik dan menurunkan kolestrol jahat. Selain itu ikan salmon juga mengandung DHA dan EPA yang baik untuk fungsi kerja organ jantung. Dengan mengonsumsi ikan salmon minimal 2 porsi/minggu sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak zat lutein yang sangatlah penting bagi ketajaman penglihatan. Selain itu bayam juga berfungsi baik dalam melindungi jantung dari pencegahan lemak yang menempel di pembuluh darah. Orang yang menderita kolesterol disarankan untuk mengonsumsi bayam setengah mangkuk/hari untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuhnya.

Alpukat

Alpukat memiliki tingkat kalori yang cukup tinggi, Selain itu alpukat bisa menjadi sumber lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kolestrol baik. Namun hati-hati dalam mengonsumsi alpukat karena harus dibarengi dengan sayuran lain yang dapat menekan jumlah kalori pada alpukat.

Kacang Kedelai

Makanan olahan dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe mengandung isoflavon. Isoflavon adalah zat penting yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar