• Selamat datang

Penyebab insomnia dan cara mengatasinya

Penyebab insomnia - Mungkin anda sudah mengenal dengan yang namanya insomnia. Insomnia adalah gejala sulit tidur pada penderita meskipun sudah mencoba dan ada kesempatan untuk tidur. Insomnia biasanya disebabkan oleh adanya gejala atau gangguan psikologis. Insomnia bukanlah penyakit, melainkan gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti gangguan emosional, kelainan fisik, atau pemakaian obat-obatan.

Sulit tidur atau insomnia juga diakibatkan oleh kegelisahan, depresi, atau ketakutan yang biasa terjadi di masyarakat.
Penyebab insomnia

Berikut beberapa penyebab insomnia atau gangguan tidur

  • Jetlag atau biasa kita sebut mabuk perjalanan, adalah salah satu faktor timbulnya gejala insomnia.
  • Bekerja pada malam hari, meninggalkan waktu tidur dan menggantinya dengan bekerja atau melakukan sesuatu seperti menonton tv, bermain komputer dapat menyebabkan seseorang terkena gejala insomnia, karena sinar pada tv, atau sinar lain dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin, dimana hormon ini berfungsi sebagai pemicu seseorang untuk merasakan kantuk dan tertidur.
  • Konsumsi alkohol, kafein, dan nikotin yang berlebihan.
  • Efek samping obat, terkadang efek samping obat yang kita konsumsi untuk menyembuhkan suatu penyakit malah berakibat timbulnya gejala seperti insomnia.

Seseorang dapat dikatakan menderita insomnia jika memiliki ciri-ciri yang signifikan sebagai berikut:

  • Mudah marah
  • Telapak tangan berkeringat
  • Kembung dan nyeri pada perut
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kelelahan yang Berlebihan
  • Sakit kepala, nyeri leher, dan pegal pada punggung
  • Pola tidur dan waktu tidur yang berubah-ubah
  • Nafas menjadi tidak teratur dan detak jantung tidak stabil

Metode pengobatan bagi orang yang menderita insomnia tergantung pada penyebab insomnia dan tingkat keparahan insomnia tersebut. Pada orang berusia lanjut yang mengalami perubahan waktu tidur, tidak butuh pengobatan karena semua hal itu normal terjadi.

Pada penderita insomnia sangat dianjurkan tetap tenang pada saat sebelum dan hendak tidur, ciptakan suasana tenang dan nyaman, seperti mematikan lampu kamar atau ganti dengan lampu yang redup. Apabila penyebab insomnia adalah gangguan emosional, dapat diberikan obat untuk mengurangi stress, begitu juga jika depresi, diberikan obat anti-depresi. Jika insomnia berlanjut hingga hari-hari berikutnya, disarankan melakukan terapi hipnosis atau hipnoterapi. Sebaiknya menghindari mengkonsumsi obat-obatan seperti obat tidur atau obat penenang tanpa petunjuk dari doket. Penggunaan obat-obatan dapat memberi efek samping yang cukup serius bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar