• Selamat datang

Bahaya Mengkonsumsi Telur Mentah

Telur adalah makanan sehat serta bergizi tinggi yang tentunya penting bagi tubuh manusia. Telur mengandung protein tinggi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Bukan hanya protein, telur juga mengandung vitamin esensial yang penting bagi tubuh seperti riboflavin dan thiamin, juga jenis vitamin lain seperti vitamin A, D, E, dan 8, serta mineral seperti fosfor dan zinc.

Bahaya Mengkonsumsi Telur Mentah


Kebanyakan dari kita sering menganggap memakan telur mentah atau setengah matang adalah hal yang lebih baik daripada dimasak, namun hal tersebut hanyalah mitos belaka. Karena telur mentah atau setengah matang  belum siap untuk dicerna oleh tubuh. Ikatan protein yang begitu kuat pada telur mentah atau setengah matang membuat tubuh sulit untuk memecahnya menjadi asam amino dan pada akhirnya proses pencernaannya pun tergolong lambat. Sehingga dalam kasus ini perut akan merasa kenyang lebih lama, sehingga membuat orang beranggapan bahwa telur mentah atau setengah matang dapat menambah stamina seseorang untuk menjalani aktivitas/olahraga lebih lama dari biasanya.

Jadi, dari aspek manakah telur dapat dikatakan berbahaya jika dikonsumsi? 
Binatang Unggas termasuk telur ayam sering dihinggapi bakteri salmonella enteriditis. 

Jenis bakteri apakah itu?
Bakteri tersebut adalah bakteri yang berbahaya dan dapat menyebabkan keracunan apabila dikonsumsi, seperti diare yang disertai pusing, demam, atau sakit perut terus-menerus. 

Bagaimana bakteri ini dapat hinggap di telur?
Telur yang segar belum tentu mengandung bakteri salmonella. Namun, untuk telur atau makanan olahan dari telur mentah yang sudah dibiarkan di suhu ruangan dalam waktu yang cukup lama (berhari-hari), mereka dapat dihinggapi bakteri salmonella yang menyebabkan gangguan kesehatan jika kita mengkonsumsinya. Sebagai contoh, kita membeli telur mentah yang sudah pecah sebelumnya, dikarenakan harganya lebih murah daripada telur segar pada umumnya, namun hal itu justru tidak baik karena telur tersebut beresiko mengandung bakteri salmonella enteriditis. Selain itu telur mempunyai zat adivin yang cukup berbahaya dan beracun, namun racun tersebut akan melemah  apabila telur dikonsumsi dalam keadaan matang.

Selain bakteri salmonella enteriditis yang dapat hinggap di telur mentah serta membuat tubuh kita sakit apabila mengkonsumsinya, telur juga memiliki resiko berbahaya lainnya. Bagi sebagian orang tidak tahan atau tidak bisa mengkonsumsi protein-protein tertentu, seperti protein Lysozyne yang terdapat pada telur dapat menyebabkan sebagian orang terkena alergi, dan bisa menjadi antigen (zat penyebab penyakit) bagi tubuh.

Oleh karena itu, diperlukannya sikap ekstra hati-hati terhadap makanan yang kita konsumsi seperti telur, karena dalam makanan yang sederhana serta umumnya banyak dikonsumsi masyarakat tersebut, terdapat kekurangan yang dapat mengganggu kesehatan kita. Cara memilih telur yang segar dan masih baik untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut:
  • Beli telur seperlunya. Jangan membeli telur berlebihan karena telur tidak memiliki waktu yang cukup lama untuk bertahan, oleh karena itu, belilah telur secukupnya untuk menghindari telur kadaluarsa.
  • Hindari pembelian telur yang cacat seperti retak, pecah, serta kotor karena dapat beresiko mengandung bakteri salmonella enteriditis.
  • Pastikan telur yang anda beli terapung ketika di rendam dalam air untuk memastikan telur tersebut dalam kondisi masih segar.
  • Putih telur akan terlihat jernih serta kuning telur yang masih berada ditengah ketika diteropong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar