• Selamat datang

Gejala Kanker Payudara Dan Cara Pencegahannya

Gejala kanker payudara - Mendengar kata-kata kanker pasti semua orang berfikir mengenai penyakit yang parah dan sulit disembuhkan. Salah satu kanker yang menjadi momok bagi kaum wanita pada umumnya adalah kanker payudara. Walaupun secara mendasar penyakit ini menyerang kaum wanita namun tidak menutup kemungkinan lelaki juga dapat mengidap kanker payudara. Hal inilah yang menempatkan penyakit ini menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. 

Kanker payudara mempunyai gejala-gejala yang signifikan bagi pengidapnya dan harus segera dicegah agar tidak memperburuk kondisi kanker payudara. 

gejala kanker payudara

Berikut gejala kanker payudara yang dapat anda ketahui

  • Puting payudara mengeluarkan darah, nanah, atau cairan encer secara berkala.
  • Timbul benjolan pada payudara, jika sudah terjadi hal seperti ini sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis.
  • Perbedaan yang signifikan antara payudara satu dengan yang lain. Yaitu ukuran, bentuk, dan lain-lain.
  • Kulit payudara yang berubah dan mulai mengerut seperti kulit jeruk.
  • Bentuk puting berubah.
  • Timbul benjolan kecil dibagian ketiak kiri maupun kanan.
Kanker payudara pada awalnya dianggap sebagai penyakit yang tidak bisa dicegah. Namun sekarang para peneliti telah banyak mengetahui cara mencegah kanker payudara, setidaknya mengurangi resiko terkena gejala kanker payudara. Beberapa cara untuk mencegah kanker payudara adalah sebagai berikut:

Olahraga teratur

Berolahraga dapat mengurangi kadar estrogen yang diproduksi tubuh, sehingga dapat mengurangi dan mencegah resiko gejala kanker payudara.

Jangan memasak daging terlalu matang.

Jika ingin mengkonsumsi daging, hendaklah jangan memasak daging terlalu matang karena dapat meningkatkan senyawa karsinogenik (amino heterosiklik) yang dihasilkan akibat memasak/memanggang daging. senyawa amino heterosiklik paling banyak terdapat di daging bakar yang kulitnya telah gosong karena dipanggang.

Tingkatkan konsumsi buah dan sayur.

Sayur serta buah banyak mengandung antioksidan alami yang tinggi, seperti vitamin A, C, E, dan mineral jenis selenium, yang dapat mencegah timbulnya kanker payudara. Untuk anjuran sebaiknya memakan sayuran serta buah-buahan 5 kali sehari, dan hindari memakan buah atau sayur yang mengandung banyak lemak seperti kentang goreng, pisang goreng, dan lain-lain.

Memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi

Makanan yang berserat dapat mengikat estrogen dalam saluran pencernaan, sehingga dapat mengurangi kadarnya yang ada dalam darah. Makanan yang mengandung serat banyak ditemukan di buah-buahan maupun sayur-sayuran.

Menjalani pola hidup sehat.

Banyak cara untuk menjalani pola hidup sehat, contohnya menghindari minum minuman beralkohol yang memiliki efek meningkatkan kadar estrogen dalam darah. Selain itu hindari merokok, hindari pemakaian BH terlalu ketat, hindari sinar X atau radiasi yang lain, lakukan pemeriksaan rutin pada payudara untuk mendeteksi gejala kanker payudara sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar