• Selamat datang

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Manfaat Tidur Siang - Tidur siang adalah hal yang mudah, murah, serta bermanfaat jika dilakukan. Namun banyak orang yang menyepelekan tidur siang dengan alasan tidak ada waktu, pekerjaan yang menuntut untuk tidak tidur siang. Padahal tidur siang memiliki manfaat yang hampir sama dengan tidur malam. Tidur siang tidak memerlukan waktu yang banyak, cukup lakukan 10-20 menit saja seseorang terlelap dalam tidur siang, ia sudah mendapat khasiat dari tidur siang. Waktu istirahat dikala kerja bisa dijadikan waktu untuk tidur siang minimal 10 menit.

Perlu kita ketahui bahwa manfaat tidur siang tidak kalah baik dengan manfaat tidur malam. Tidur siang dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti jantung dan alat kardiovaskular lainnya. Tidur siang juga disinyalir dapat mengurangi resiko obesitas, masalah tulang, serta baik untuk fungsi kerja otak. 

Beberapa Manfaat tidur siang bagi kesehatan dapat dilihat dibawah ini :

Meningkatkan Daya Ingat 

Tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat pada otak. Penelitian mengungkapkan bahwa tidur siang yang singkat dapat membuat gerakan mata menjadi lebih cepat yang membuat konsentrasi menjadi lebih baik pada sesuatu membuat sesorang mudah untuk mengingatnya. Tidur siang juga dapat menurunkan stress dan membuat aktivitas otak berjalan dengna baik sepanjang hari.

manfaat tidur siang

Mengobati Insomnia

Percaya atau tidak, tidur siang disinyalir mampu untuk mengobati penyakit insomnia. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2011 menyatakan bahwa manfaat tidur siang akan membuat penderita insomnia menjadi lebih bugar dan sehat. Ini dikarenakan total waktu istirahat yang lebih panjang.

Meningkatkan Produktivitas

Saat siang hari, biasanya membuat tubuh kita merasa lemas serta badan yang malas untuk beraktivitas dan membuat produktivitas menurun. Namun, dengan tidur siang beberapa saat, dapat membuat tubuh kita kembali segar dan mengembalikan semangat kerja yang tentunya meningkatkan produktivitas kerja.

Menurunkan Tingkat Stress

Sebuah penelitian menyatakan bahwa hormon penyebab stress akan mengalami penurunan secara dramatis setelah seseorang melakukan tidur siang bagi orang yang kurang nyenyak/lelap tidur dikala malam. 

Meningkatkan Konsentrasi

Siang hari, disaat tubuh mengalami penurunan daya tahan serta mengalami kelelahan setelah dari pagi bekerja, dan tentunya dapat menyebabkan kantuk, membuat konsentrasi seseorang menjadi menurun. Untuk itu, luangkanlah waktu tidur siang 10 menit untuk mengembalikan tingkat konsentrasi serta kewaspadaan seseorang, terutama bagi orang yang bekerja sebagai supir atau yang berhubungan dengan mengendarai sesuatu.

Mencegah Penyakit Jantung

Tidur siang ternyata dapat mencegah penyakit jantung. Melalu penelitian yang dilakukan orang Yunani, menyatakan bahwa manfaat tidur siang selama 30 menit antara jam 1-3 siang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung serta stroke.

Tidur siang ternyata memiliki banyak manfaat yang mengagumkan. Namun tidur siang memiliki porsi tersendiri, tidur siang yang cukup adalah tidak kurang dari 45 menit. Karena jika lebih dari itu, tubuh kita malah akan terasa lebih malas dari sebelumnya, dan akan membuat kepala kita berat serta pusing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar