• Selamat datang

Mengenal Gejala Penyakit Tifus

Gejala penyakit tifus - Penyakit tifus merupakan penyakit yang bersifat multisistematik fatal, sehingga penyakit ini tergolong cukup berbahaya, apalagi jika penyakit ini menyerang anak-anak. Penyakit ini banyak melibatkan sistem tubuh lainnya secara serius, seperti sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem limpa dll. Penyakit ini biasanya timbul akibat lingkungan dan sanitasi yang tida sehat serta kebiasaan dan pola makan yang buruk.

Penyebab penyakit tifus berasal dari serangan bakteri salmonella typhi pada tubuh manusia.Kuman ini biasanya menetap lama di lingkungan kotor seperti air kotor, makanan kotor dan tempat tidur yang kotor. Proses penularan bakteri salmonella thypi umumnya melalui jari tangan dan kuku yang mengandung bakteri, feses, muntah dan feses. 

Gejala penyakit tifus


Penyakit tifus jika tidak segera ditangani akan berakibat fatal bagi penderitanya. Pada fase tertentu penyakit ini dapat menimbulkan pendarahan pada usus dan beresiko menimbulkan kematian.

Gejala penyakit tifus umumnya ditandai dengan munculnya demam tinggi hingga 40 derajat celcius, dan biasanya akan berproses naik turun ketika diberi obat penurun panas. Penyakit tifus tidak memiliki gejala spesifik sehingga menyulitkan sebagian orang untuk mengenali penyakit ini.

Berikut Gejala Penyakit Tifus Secara Umum

Penderita tifus akan Kehilangan nafsu makan.
Kepala terasa sakit dan berdenyut.
Seluruh tubuh menjadi ngilu, sakit dan lemah.
Demam tinggi
Lidah berubah warna menjadi putih dengan pinggiran berwarna merah.
Denyut nadi penderita tifus akan melambat, hal ini disebabkan toksin atau racun dari bakteri tifus.
Kehilangan konsentrasi dan terkadang menjadi linglung.
Timbul diare terus menerus.
Sakit perut, mual dan muntah akan dirasakan penderita tifus, hal ini disebabkan karena usus 12 jari mengalami infeksi.

Gejala penyakit tifus diatas biasanya berlangsung antara satu minggu hingga dua minggu ketika penyakit tifus mulai menyerang, dan akan berangsur sembuh 3 minggu hingga 4 minggu jika ditangani dengan tepat.

Apapun bentuk gejala yang anda temui, untuk memastikan gejala penyakit tifus memang sudah menyerang, maka diagnosis dokter serta pemeriksaan secara keseluruhan dilaboratarium sangat diperlukan untuk memastikan bakteri salmonella typhi berada dalam peredaran darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar