• Selamat datang

Penyebab Obesitas Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Obesitas - Tentunya semua orang tidak mau mengalami obesitas, terutama bagi wanita yang notabennya menganggap menjadi gemuk adalah sesuatu yang tidak diinginkan. Obesitas atau kegemukan adalah suatu peristiwa dimana tubuh memiliki kelebihan lemak. Obesitas dapat menyebabkan resiko untuk penyakit lain, seperti diabetes, kanker, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Obesitas memiliki beberapa penyebab. Pada dasarnya penyebab obesitas adalah ketika tubuh lebih banyak menerima kalori daripada membakarnya, kemudian kalori tersebut menumpuk dan jadilah lemak. 

Penyebab Obesitas lainnya adalah sebagai berikut:

Gaya hidup yang tidak sehat.

90% obesitas terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat bagi seseorang. Gaya hidup tidak sehat meliputi beberapa contoh, seperti kurang banyak beraktivitas, terlalu banyak memakan makanan yang mengandung lemak berlebih.

penyebab obesitas

Faktor keturunan.

Penyebab obesitas pada faktor ini mengambil resiko sekitar 25-35 %. Dengan contoh, keluarga anda mempunyai riwayat mengidap obesitas, maka anda mempunyai resiko untuk mengidap obesitas pula. Namun jika keluarga anda yang mengidap obesitas disebabkan gaya hidup yang tidak sehat, makan peluang anda untuk mengidap obesitas tergolong kecil atau tidak sama sekali.

Hal-hal lain yang mampu menyebabkan obesitas adalah kurang tidur, keadaan setelah melahirkan, kurangnya aktivitas untuk tubuh sehingga terjadi penumpukan lemak karena minimnya metabolisme tubuh.

Obesitas harus dicegah sejak dini, kenapa? karena jika sudah mengidap obesitas, anda akan membutuhkan kerja keras dan banyak metode untuk mengembalikan berat badan menjadi normal kembali. 

Berikut Cara Sederhana Mencegah Obesitas

Banyak konsumsi air putih/bening.

Selain untuk mencukupi cairan tubuh, air putih juga berfungsi untuk melarutkan lemak dalam tubuh. Jadi, konsumsi air putih yang cukup setiap hari yaitu minimal 8-9 gelas per-hari dan hindari minum minuman bersoda yang mengandung banyak gula, sebab menurut penelitian, meminum 4 kaleng soda dalam seminggu mampu menaikkan berat badan hingga 0,5 kg serta tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Raji mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi, karena serat dapat melapisi dinding usus dan membuat anda kenyang lebih lama dan tentunya mengurangi rasa lapar dan menghindari makan terlalu sering.

Perbanyak Aktivitas

Perbanyak aktivitas seperti olahraga dapat mengurangi resiko obesitas, minimal jogging setiap akhir pekan atau gunakanlah sepeda ke sekolah atau kerja, selain ramah lingkungan, bersepeda juga menyehatkan.

Hindari terlalu banyak mengemil

Mengemil merupakan faktor penyebab obesitas yang paling tinggi. Sebaiknya hindari kebiasaan mengemil terutama cemilan tidak sehat. Gantilah cemilan dengan makanan yang lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak mengandung kadar lemak yang tinggi.

1 komentar:

social micro mengatakan...

terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

Posting Komentar