• Selamat datang

Penyebab Sariawan Pada Anak

Penyebab Sariawan-Sariawan merupakan gangguan kesehatan pada rongga mulut, penyakit ini tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja, namun bayi dibawah umur 6 bulan dan anak-anak pun dapat juga dihinggapi gangguan sariawan. Sariawan pada anak-anak biasanya menyerang bagian lidah, bibir, pipi bagian dalam atau tenggorokan. Meningkatnya kerewelan anak atau bayi yang ditandai dengan menangis setiap saat merupakan adanya gejala sariawan pada bayi tersebut.

Gejala lain yang ditimbulkan oleh anak atau bayi yang mengidap sariawan adanya penolakan bayi ketika diberi susu, selain itu suhu tubuh bayi biasanya akan meningkat hingga 40 derajat celcius disertai dengan demam biasa.
penyebab sariawan
Penyebab Sariawan

Penyebab Sariawan Pada Anak Atau Bayi Adalah Sebagai Berikut.

Tergigit

Pada anak yang sudah memiliki gigi, kasus tergigit kerap dialami anak-anak pada saat mengunyah makanan secara terburu-buru. Pada kondisi anak yang fit, luka akibat gigitan ini biasanya tidak akan menimbulkan sariawan, beda pada kondisi anak yang kesehatannya sedang menurun, luka tersebut akan segera berubah menjadi sariawan. Penanganan sederhana biasanya dilakukan dengan mengoleskan obat oles sariawan dengan resep dokter, atau dapat mencoba alternatif tradisional dengan mengoleskan madu pada sekitar sariawan.

Jamur

Sariawan yang hinggap pada anak-anak juga dapat disebabkan oleh jamur, ketika daya tahan tubuh anak menurun, jamur yang mengendap pada mulut anak akan meningkat melebihi batas normal. Hal ini akan memicu timbulnya sariawan pada anak. Pada kasus sariawan yang disebabkan oleh jamur, pemeriksaan secara instensif oleh dokter anak perlu dilakukan, agar dapat di tangani penyebab sariawan sekaligus mengobatinya.

Pada dasarnya penyakit sariawan pada anak disebabkan adanya penurunan ketahanan tubuh anak. Solusi terbaik untuk menghindari sariawan menyerang anak-anak adalah selalu menjaga daya tahan tubuh anak dengan memberikan asupan gizi dan nutrisi yang cukup buat anak, seperti vitamin C yang berasal dari buah-buahan. Selain itu menjaga kebersihan mulut pada anak mutlak dilakukan untuk menghindari penyakit sariawan menyerang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar