• Selamat datang

Mengenal Penyakit Diare Dan Cara Mencegahnya

Diare merupakan penyakit yang cukup merepotkan, walaupun penyakit ini tidak tergolong penyakit berbahaya namun penyakit ini dapat melumpuhkan semua aktifitas penderita. Penyebab diare disebabkan oleh banyak hal mulai dari jenis makanan yang dikonsumsi hingga diare yang disebabkan oleh bakteri.

Berikut ulasan beberapa penyebab diare

Bakteri

Beberapa bakteri seperti e.coli dan salmonela yang masuk kedalam tubuh melalui sayuran yang kotor, jari-jari tangan dapat mengganggu proses pencernaan sehingga timbulah penyakit diare.

Alergi

Alergi terhadap suatu makanan dapat juga menyebabkan diare, salah satu makanan yang kerap menimbulkan alergi kepada sebagian orang adalah susu sapi dan berbagai produk makanan yang mengandung susu sapi. Alergi susu sapi adalah dimana organ tubuh atau pencernaan menganggap susu sapi sebagai benda asing sehingga menimbulkan gangguan pada proses pencernaan yang mengakibatkan terjadinya penyakit diare.

Penyakit Diare

Gejala penyakit diare biasanya ditandai dengan munculnya keluhan seperti dibawah ini.

1. Sakit perut
2. Mual dan muntah pada fase diare yang cukup parah
3. Buang air besar berkepanjangan
4. Kehilangan nafsu makan
5. Pada beberapa orang timbul demam tinggi
6. Dalam beberapa kasus terdapat darah dalam tinja
7. Mengalami pegal dan nyeri disekitar punggung.

Untuk mengatasi atau mengobati diare tidaklah terlalu rumit, mengatasi penyakit ini lebih terkonsentrasi untuk terus menjaga jumlah cairan dalam tubuh sehingga terhindar dari dehiderasi ataupun komplikasi lain yang disebabkan tubuh kehilangan cairan terlalu banyak. Perbanyak minum cairan yang bercampur garam dan sedikit gula atau meminum oralit dalam jumlah yang cukup terbukti dapat mencegah komplikasi serius akibat penyakit diare.

Datangya penyakit diare lebih disebabkan pada kebersihan lingkungan dan makanan, untuk mencegahnya terjadinya penyakit diare dapat menerapkan prilaku hidup sehat seperti di bawah ini

1. Menjaga kebersihan air dan lingkungan.
2. Memastikan setiap makanan bebas dari pencemaran bakteri penyebab diare
3. Hindari makanan yang dapat mengganggu proses pencernaan
4. Menjaga tubuh agar selalu tetap dalam kondisi prima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar